Smapta Sukses Gelar Diklat Kolaborasi Lembah Datu

Foto: Suasana malam di lokasi Diklat Kolaborasi Smapta

Dalam rangka meningkatkan solidaritas dan kolaborasi, tiga ekstrakurikuler SMAN 1 Pringgarata (Smapta) menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kolaborasi. Diklat ini dilaksanakan pada tanggal 28 - 29 September 2024 di Lembah Datu Camping Ground, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah.

Diklat tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari tiga ekstrakurikuler yakni Jurnalistik, PMR, dan Smaptapala. Narasumber kegiatan ini berasal dari komunitas pecinta alam, Lalu Sutami, S.Pd., dan akademisi Universitas Hamzanwadi, Muhamad Ali Muis, S.Pd., Gr.

Kepala SMAN 1 Pringgarata, Ahmad Husni mengapresiasi kegiatan diklat kolaborasi ketiga ekstrakurikuler tersebut. Menurutnya, pola kegiatan ini dapat menumbuhkan kekompakan dan kerjasama yang baik diantara peserta ekstrakurikuler yang berbeda.

"Kegiatan diklat kolaborasi ini sangat penting dilakukan untuk menumbuhkan kerjasama siswa," ucapnya pada, Ahad (20/09/2024).

Senada, pembina Jurnalistik Smapta, Suherman, S.Pd., mengungkapkan bahwa diklat kolaborasi ini menjadi momentum yang tepat untuk merajut kebersamaan dan kekeluargaan, baik antar siswa maupun bagi para pembina.

"Menurut saya pola ini sangat bagus guna meningkatkan kerjasama dan ini membuktikan bahwa meski berbeda ekstrakurikuler namun tetap dapat melaksanakan kegiatan bersama, terutama bagi anak-anak Jurnalistik, kegiatan ini sangat penting dalam membangun fondasi yang kuat untuk karir di bidang komunikasi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, pembina ekstrakurikuler SMAN 1 Pringgarata Pecinta Alam (Smaptapala), Risma Gunawan, S.Pd., menerangkan bahwa secara teknis kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yakni kegiatan bersama yang diisi dengan do'a dan pembacaan Al-Qur'an, materi prinsip dasar organisasi dan kepemimpinan. Sementara, bagian kedua, kegiatan diisi dengan materi teknis masing-masing ekstrakurikuler.

"Jadi kegiatan dibagi menjadi dua bagian, dimana bagian pertama materi-materi umum dan bagian kedua diisi dengan materi teknis masing-masing ekskul," tuturnya.

Sementara, pembina ekstrakurikuler PMR, Rijalul Kirom, S.Pd., dalam kesempatan ini turut menegaskan bahwa kegiatan Diklat Kolaborasi ini dihajatkan untuk mempererat silaturrahmi antar siswa dan pembina.

"Yang terpenting dari kegiatan ini adalah bagaimana menumbuhkan sikap dan karakter yang menghargai sesama, sehingga silaturrahmi tetap terjalin baik," tegas Rijal yang juga guru Matematika Smapta itu.

Comments