Smapta Library Sukses Persembahkan Special Workshop Literasi Perdana


SMAN 1 Pringgarata kembali mempersembahkan program baru berupa workshop literasi. Program ini menjadi special karena untuk pertama kalinya perpustakaan sekolah (Smapta Library) meluncurkan terobosan baru yang sebelumnya tidak pernah ada.

Workshop Literasi ini diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 27-29 September 2024 yang bertempat di Perpustakaan Sekolah. Berbagai materi menarik disajikan seperti penulisan jurnal, karya tulis ilmiah, essay dan artikel berita.

Narasumber yang dihadirkan memiliki kompetensi yang handal di bidang masing-masing, diantaranya Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan sekaligus Pembina Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja, Hablul Warid, S.Ag.,M.Pd., Tim Media Smapta, Syamsul Hakim, S.Pd., dan Instruktur/pengajar Universitas Hamzanwadi, Muhamad Ali Muis, S.Pd.

Jumlah peserta pada kegiatan ini sebanyak 25 orang yang telah mendaftarkan diri dan terpilih oleh panitia. Kegiatan ini perdana dilaksanakan pasca pergantian pengurus baru.

Kepala SMAN 1 Pringgarata, Akhmad Husni, S.Pd., MM., sangat mengapresiasi kegiatan workshop literasi ini dapat berjalan sesuai rencana. Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya nyata sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

"Murid perlu meningkatkan kemampuan menulis sehingga literasi akan semakin berkembang," ucapnya saat membuka kegiatan workshop, pada Jum'at (27/9/2024).

Senada, Kepala Perpustakaan SMAN 1 Pringgarata yang baru, Sriharyati, SE., mengungkapkan bahwa program ini dihadirkan sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi peserta didik, terutama terkait dasar-dasar penulisan jurnal, karya ilmiah, dan essay.

"Kita bekali peserta didik dengan keterampilan praktis dalam menyusun tulisan yang sesuai dengan standar akademik, meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir kritis peserta didik dalam mengembangkan ide-ide untuk karya tulis," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sriharyati berharap peserta workshop ini menjadi relawan Smapta Library yang menjadi ujung tombak dalam berkarya dan mengisi ruang literasi yang disediakan pada website sekolah. Peserta workshop juga mendapatkan bimbingan dan arahan yang intensif.

"Relawan Smapta Library ini dikukuhkan untuk membantu perpustakaan dalam mempromosikan program-program perpustakaan dan mengajak siswa lain untuk meningkatkan minat baca," harapnya.

Program workshop ini sangat relevan dengan level capaian kemampuan literasi peserta didik tahun ini. Berdasarkan data raport satuan pendidikan hasil asesmen nasional 2023, kemampuan literasi peserta didik tahun 2024 masih berada pada "Sedang" atau 60 persen. Meski demikian, angka ini naik 4.44 persen dari tahun 2023.

Comments